Ketika seseorang ingin mulai menjadi agen properti, sebenarnya ada dua pilihan yaitu agen properti independen atau dibawah bendera (ikut kantor properti). Sebetulnya ada keuntungan dan kerugian masing masing. Semua ini tergantung dari kondisi anda sendiri. Mari kita simak satu per satu.

Ada yang cocok disituasi tertentu menjadi agen independen, namun ada juga yang cocok menjadi agen dibawah bendera. Mari kita bahas kekurangan dan kelebihan masing masing serta di akhir kita bahas anda lebih cocok yang mana.

Agen Independen

Agen properti jenis yang ini bergerak secara individu, namun bukan berarti mereka hanya sendiri saja. Ada juga yang membuat tim tapi tidak membawa nama tertentu alias tidak berbentuk perusahaan yang terdaftar resmi.

Kelebihan Agen Independen

Yg paling jelas pertama adalah anda mendapatkan komisi secara menyeluruh alias “kue” nya milik anda semua. Tidak di bagi kepada kantor dan lainnya. Dan lainnya disini ada biaya biaya lain yang langsung di potong kantor saat anda mendapatkan komisi misalnya pajak dan dipotong franchise fee.

Komisi agen properti independen memang menggiurkan, asal tahu caranya.

Anda bisa mengatur waktu anda dengan lebih bebas ketimbang anda ikut dengan kantor yang pada umum nya memiliki peraturan untuk jaga gerbang (resepsionis) di tanggal jaga.