Pada artikel sebelumnya saya membagikan informasi mengenai 4 hal yang harus kita tentukan sebelum memulai mencari apartemen. Hal ini ada 10 hal yang harus diperhatikan saat mulai menentukan apartemen mana yang terbaik.

  1. Biaya bulanan
  2. Kualitas bangunan apartemen
  3. Jalur kendaraan umum
  4. Dukungan Kredit Bank
  5. Keamanan parkir dan akses gedung
  6. Fasilitas internet, parkir dan lainnya
  7. Kualitas sinyal handphone anda
  8. Cek paparan sinar matahari (buat apa?)
  9. Periksa siapa developernya (apa yang diperiksa?)
  10. Ajak ngobrol penghuni (dengan sopan ya)

1. Biaya Bulanan

Sebagai pemakai apartemen kita pasti akan ditagih biaya bulanan yang di antaranya termasuk : biaya service charge, biaya listrik, biaya air dan sinking fund. Dalam kita mencari apartemen kita perlu memperhatikan faktor ini. Disaat menentukan apartemen mana yang kita mau beli kita bisa membandingkan juga biaya bulanannya disaat artikel ini ditulis pada 2019 biaya bulanan start dari 300.000 untuk apartemen studio sampai 10 juta bila apartemen mewah dengan 4 kamar tidur luas lebih dari 250m2

2. Kualitas Bangunan Apartemen

Di zaman sekarang ini kita dapat melihat dengan mudah kualitas bangunan apartemen. Salah satunya ialah bagaimana luas dan desain tempat parkir apartemen tersebut. Apakah terdapat parkir di dalam atau diluar yang terjemur matahari. Apakah luas per parkir untuk mobil cukup atau sangat sempit. Apakah jalanan di dalam kompleks apartemen tersebut rata dan tertata rapih?

Jika kita mengambil waktu untuk memutari seluruh fasilitas yang ada coba perhatikan kolam renangnya, apakah terjaga dengan bersih. Apakah kamar mandi dekat kolam renang pun terawat. Bagaimana dengan lantai lapangan tenis / lapangan basket yang tersedia. Apakah alat alat di fasilitas gym masih terawat dengan bersih?

Artikel ini sedang dalam tahap konstruksi…